Dampak Kabut Asap, DPC Horas Bangso Batak Palembang Bagikan 1000 Pieces Masker

Palembang59 views

Palembang | Tintamerah.co.id – DPC Horas Bangso Batak (HBB) Kota Palembang melaksanakan Peduli Kasih Dalam Suasana Polusi Kabut Asap dengan membagikan 1.000 pieces masker di simpang lampu merah Simpang Patal, Minggu (17/9/2023). Dalam kegiatan membagikan masker tersebut DPC HBB Kota Palembang didampingi Kapolsek Ilir Timur 2 Kompol Fadilah Ermi.

Penasehat DPC HBB Kota Palembang, Toni S.Kom mengatakan, kegiatan membagikan masker ini sudah kesekian kalinya.

“Jadi kita prihatin dan kondisi asap yang mungkin belum ada solusinya. Jadi kita akan terus membagi-bagikan masker,” ujarnya.

“Kedepan karena meningkatnya penderita ISPA di kota Palembang. Mungkin dari kami ingin mengusulkan kepada dinas terkait Pemerintah Kota agar meliburkan anak-anak sekolah agar belajar di rumah saja. Jangan sampai nanti anak-anak sekolah menderita ISPA,” tambahnya.

BACA JUGA  Danramil 418-08/Sako Halal Bihalal Idul Fitri 1443 H dengan Anggota

Ditempat yang sama Penasehat DPC HBB Kota Palembang Darma menambahkan, kegiatan yang dilakukan HBB dalam membagikan masker ini akan digelar secara rutin.

“Artinya menyikapi situasi terkini, indeks polusi kota Palembang sangat memprihatinkan. Secara nasional sudah memprihatinkan kita dari HBB DPC kota Palembang membuat reaksi nyata untuk masyarakat walaupun tidak seberapa paling tidak ini bentuk kepeduliannya kita untuk menjaga kesehatan masyarakat kota Palembang,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPC Horas Bangso Batak Kota Palembang Parlin Syahputra Siregar S,Kom mengatakan, sebagai Ketua HBB DPC Palembang dia bersama penasehat dan pengurus membagikan masker sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat dan dedikasi kepada masyarakat untuk kabut asap di Palembang.

BACA JUGA  Rapat Kerja YPLP PGRI Sumsel ke-41, Ahmad Zulinto: Mari Buat Program 2024 Lebih Baik lagi

“Kami membagikan 1.000 pieces masker. Inilah bentuk kepedulian kami kepada masyarakat,” tuturnya.

“Himbauan kepada masyarakat agar memakai masker agar tidak terkena ISPA, yidak sesak nafas dan batuk. Pemakaian masker bertujuan untuk menjaga kesehatan masyarakat,” ucapnya.

Kapolsek Ilir Timur 2 Kompol Fadilah Ermi mengatakan, pihaknya berkolaborasi bersama Horas Bangso Batak yang dipimpin oleh ketuanya ketua DPC Kota Palembang bersama jajaran Polsek Ilir Timur 2 membagikan masker. Karena suasana kabut asap yang membahayakan apalagi kota Palembang nomor 1 untuk udaranya kualitasnya sudah buruk. “Jadi kita membantu masyarakat bahwa supaya mencegah, karena sudah banyak sekali yang terkena penyakit ISPA. Disini juga hadir dari dinas kesehatan,” katanya.

BACA JUGA  Penataran Vaksinator Satuan Jajaran Korem 044/Gapo

Perwakilan dari Dinkes Sumsel, Rumiati Fitriyanti SKm menuturkan, penggunaan masker ini sangat penting untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari ISPA, yakni penyakit yang bisa membahayakan dari akibat kabut asap.

“Untuk data ISPA itu datanya ada di rumah sakit. Nanti data dari rumah sakit,setelah mengirimkan data file data dokumennya akan kami update jumlah kasus ISPA terbaru dengan adanya kabut asap ini,” tandasnya. (DNL)