Jelang Idul Adha, Bank Indonesia Gandeng Pemkot Palembang Gelar Pasar Murah

Berita5 views

Palembang, Tintamerah.co.id — Guna menekan harga kebutuhan pokok menjelang Idul Adha 1445 H/2024, Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Selatan bekerjasama dengan Pemerintah Kota Palembang menggelar Pasar Murah di Halaman Kantor Camat Sako, Senin (10/6/2024).

Pasar Murah yang juga dalam rangka momen Hari Jadi Kota Palembang ke-1341 ini dibuka langsung oleh Pj Wali Kota Palembang H. Ratu Dewa dengan dihadiri oleh Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumsel Ricky P Gozali serta OPD terkait.

Pasar murah tersebut dibuka dengan berbagai paket dan penawaran harga yang murah. Sebagai contoh dengan paket Rp75.000 akan mendapatkan 5 kg beras dan 1 liter minyak goreng.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumsel Ricky P Gozali mengatakan bahwa Bank Indonesia terus berupaya melakukan sinergi dan kerjasama dalam rangka mengendalikan inflasi salah satunya adalah menggelar Pasar Murah dalam menekan harga kebutuhan pokok menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 H.

BACA JUGA  Pihak Kejaksaan Aceh Timur Memberikan Tanggapan Terkait Pemberitaan di Media Online

“Ini adalah kegiatan rutin yang dilakukan bersama TPID Kota Palembang untuk mengantisipasi harga. Memang kita lihat berdasarkan data menjelang hari-hari besar keagamaan seperti beras, cabe merah, bawang itu cenderung naik. Oleh sebab itu kita antisipasi melalui kebijakan, salah satunya adalah pasar murah,” ujarnya.
Sementara itu, PJ Wali Kota Palembang H Ratu Dewa menyampaikan selain beras, daging ayam dan kebutuhan pokok lain yang cenderung naik menjelang hari-hari besar keagamaan yang perlu diwaspadai adalah kenaikan harga perhiasan dan transportasi baik darat maupun udara.

Sehingga untuk mengantisipasi hal tersebut, Pemerintah Kota Palembang terus berkoordinasi dengan distributor, dinas perdagangan, bulog dan juga Bank Indonesia yang memahami data di lapangan tentang kenaikan harga yang cenderung naik.

BACA JUGA  PD IWO Kota Prabumulih Audiensi ke Bank Sumsel Babel

“Dan Pasar Murah ini, ada 500 paket yang disediakan, kalau pun kurang akan dikoordinasikan,” jelasnya.