Khotib: Islam Rahmatan Lil Alamin, Apa Maksud dan Contohnya?

Palembang1.780 views

Palembang | Tintamerah.co.id – Islam Rahmatan Lil Alamin biasa disebutkan dalam beberapa konsep dasar agama Islam, Namun, masih banyak yang belum memahami maksud sesungguhnya.
Dalam Al Quran surat Al Anbiya ayat 107, Allah SWT juga berfirman mengenai rahmatan lil alamin

وَمَآ اَرْسَلْنٰكَ اِلَّا رَحْمَةً لِّلْعٰلَمِيْنَ

Artinya: Dan Kami tidak mengutus Engkau (Muhammad) melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi seluruh alam,” ucap Khotib Jum’at Irjen Pol Drs Iswandi Hari saat khotbah Jumat di Masjid Assaadah Mapolda Sumsel, Jumat (10/12/2021).

Dia menjelaskan apa yang dimaksud dengan Islam rahmatan lil alamin dan contohnya? Islam secara bahasa berarti damai, keamanan, kenyamanan, dan perlindungan. Sedangkan, secara agama, Islam adalah manifestasi dari damai,” ucap Jenderal Polisi Alumni Akabri 1988 ini.

Dalam hadits riwayat Bukhari, Rasulullah SAW bersabda, “Seorang Muslim itu adalah orang yang orang-orang Muslim lainnya merasa aman dari (kejahatan) lisan dan tangannya.”

Hadits riwayat Bukhari berbunyi, “Seseorang bertanya kepada Nabi, apakah (amalan-amalan) yang baik di dalam Islam? Nabi menjawab: engkau memberikan makanan dan mengucapkan salam kepada orang yang engkau kenal dan kepada orang yang engkau tidak kenal kata Iswandi

Selain itu, dalam hadits riwayat An-Nasa’i, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Seorang muslim itu adalah orang yang orang-orangnya manusia lainnya merasa aman (kejahatan) lisan dan tangannya dan orang mukmin adalah orang yang manusia lainnya merasa aman atas darah (jiwa) dan harta mereka.”

Dia menambahkan, dari tiga hadits tersebut menunjukkan bahwa Islam sebagai agama secara normatif memastikan terwujudnya kedamaian dan keselamatan seluruh umat manusia, dan orang muslim tidak lain adalah mereka yang mewujudkan nilai-nilai luhur Islam tersebut,” ucapnya.

Adapun, Islam Rahmatan Lil Alamin terdiri dari dua kata, yakni Rahmat yang berarti kasih sayang, dan Lil Alamin yang berarti seluruh alam. Namun, ulama tafsir berbeda pendapat mengenai maksud Rahmatan Lil Alamin dalam surat Al Anbiya.

Menurut Ath-Thabari yang paling benar adalah [rahmat] bagi orang beriman maka sesungguhnya Allah memberikan petunjuk kepadanya dan memasukkan keimanan ke dalam dirinya dan memasukkanya ke dalam surga dengan mengerjakan amal yang diperintahkan Allah,” tambahnya.

Sementara itu, Islam Rahmatan Lil Alamin adalah konsep abstrak yang mengembangkan pola hubungan antar manusia yang pluralis, humanis, dialogis, dan toleran. Selain itu, konsep ini mengembangkan pemanfaatan dan pengelolaan alam dengan rasa kasih sayang,” ucap mantan Ka BNN Prov Sumsel.

Contoh kecil dalam pengucapan salam bukan karena Ras, tapi bisa bermakna dan diterima dimana saja, tidak kenal waktu,dan ajaran Islam tidak pernah berubah contoh kecil tulisan khot dalam bahasa alquran, kemudian tidak ada gerakan sehari hari kecuali dengan doa ucapnya, selain itu Islam dalam konsep nya senantiasa bermanfaat dan penyejuk bagi orang lain, umat yang terbaik bagi umat yang lain,” imbuhnya.

Sederhananya, maksud Islam Rahmatan Lil Alamin adalah Islam sebagai rahmat bagi seluruh alam semesta. Adapun contoh Islam Rahmatan Lil Alamin adalah guru atau dosen sebagai sumber belajar bagi para siswa dan mahasiswanya oleh karena itu guru bertugas secara sungguh – sungguh, mahasiswa, aparatur negara TNI dan Polri dengan bekerja dengan baik dan sungguh sungguh adalah semangat jihad yang ditauladankan Rasulullah Muhammad SAW,” tukasnya.
(***)(YL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.