Lepas Purna Bhakti, Ketua Angkatan Irjen Moh Iqbal : Jaga Loyalitas, Sekali Bhayangkara Tetap Bhayangkara, Sekali Bhara Dhaksa Tetap Bhara Dhaksa

Nasional10 views

Palembang | Tintamerah.co.id – Irjen Mohammad Iqbal Sik MH (Kapolda Riau) selaku ketua alumni Akademi Kepolisian angkatan tahun 1991 melepas secara resmi 13 orang yang memasuki masa purna bhakti di institusi kepolisian, di kota Palembang pada Sabtu (4/5/2024).

Setelah melalui masa pengabdian selama 33 tahun sebagai insan Bhayangkara, 13 alumni Akpol 91 Bhara Daksa melepas masa tugasnya tanpa cacat dan berbagai prestasi yang ditorehkan bagi institusi Polri dan masyarakat.

Prosesi pelepasan dilaksanakan di Bumi Sriwijaya kota Palembang dengan tradisi pedang pora yang dihadiri seluruh alumni Akpol 91 termasuk Kabareskrim Polri Komjen Pol Wahyu Widada, Aslog Kapolri Irjen Prabowo Argo, Kadiv Propam Polri Irjen Syahardiantono, Wakabaintelkam Polri Irjen Merdisyam dan Kapolda Sumsel Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo serta Pejabat utama.

Ketua angkatan alumni Batalyon Bhara Daksa Irjen Pol M Iqbal mengatakan purna tugas bukanlah akhir dari sebuah perjalanan, namun bisa jadi merupakan awal dari sebuah perjalanan pengabdian.

“Bisa jadi ini awal dari kesuksesan, dari semua literatur yang saya baca dari semua yang ada mungkin ini yang pertama kali dalam sejarah Akpol berinisiasi melepas teman satu angkatan alumni Akpol 91 Batalyon Bhara Daksa 13 orang teman terbaik kami melepas masa tugasnya,”kata M Iqbal kepada awak media.

BACA JUGA  Komitmen dengan Kesetaraan Gender, 1 Polwan Dapat Bintang Dua Hingga Kapolres

Iqbal mengatakan, intinya adalah semangat kebersamaan dan kekeluargaan dan persaudaraan alumni Akpol 91 akan terus bersama sampai bumi ini runtuh.

“Purna tugas ini bukan selesai mengabdi tetapi harus ‘underland’, wisuda purna bakti ini simbol keberhasilan paripurna. Tidak setiap anggota polri dapat purna secara sempurna tanpa cacat tanpa sempurna. Alhamdulillah hari ini ke 13 teman teman saya bisa menyelesaikan tugasnya tanpa cacat,” tutupnya.

Sementara itu, Irjen Pol (Purn) Krisnandi SH MH mengatakan dirinya mewakili rekan yang purna tugas mengucapkan terima kasihnya kepada ketua angkatan alumni Akpol 91 Bhara Daksa Irjen Pol M Iqbal yang telah menginisiasi acara pelepasan purna bakti di kota Palembang.

“Kami merasa bangga dan takjub dilepas dengan diantar seluruh rekan rekan satu angkatan yang masih bertugas. Kami juga bersyukur bisa menyelesaikan tugas dikepolisian tanpa permasalahan permasalahan yang membebani institusi Polri,”ujarnya.

Kepada teman teman yang masih bertugas, dirinya berpesan agar bisa lebih aktif lagi untuk bisa berinovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta bisa mengamankan bangsa Indonesia dari intervensi pihak luar yang kira kira bisa mengacaukan negara Indonesia.

BACA JUGA  Polri Pastikan Video Uang Rp900 Miliar di Bungker Rumah Ferdy Sambo Hoaks, Ini Faktanya

“Teman teman yang masih lama bertugas juga untuk mempersiapkan diri menghadapi purna bakti. Saya pribadi menyampaikan permohonan maaf apa dalam bertugas ada kesalahan yang disengaja ataupun tidak disengaja yang pernah saya lakukan,”tandasnya.

Acara purna bhakti yang digelar di Palembang dimanfaatkan para alumni akpol 1991 untuk menikmati kota ‘empek empek’ Palembang. Usai menggelar acara purna bhakti, kemudian melaksanakan olahraga bersama jalan santai dan foto bersama pada Minggu pagi (5/5) di Tugu Monpera serta tepian sungai Musi yang berlatar belakang jembatan Ampera.

Berikut daftar 13 alumni Akpol 1991 Batalyon Bhara Daksa yang dilepas purna bakti

1. Irjen Pol Krisnandi, SH MH, lahir di Tegal Jawa Tengah, jabatan terakhir sebagai Pati Baintelkam Polri (Penugasan pada Staff Khusus Kemenparekraf)

2. Brigjen Pol Nyoman Lastika SH , M.Si, lahir di Buleleng Bali, jabatan terakhir Karo Pal Slog Polri

3. Brigjen Pol Drs Ghiri Prawijaya M.Si lahir di Jakarta, jabatan terakhir Pati Bareskrim polri ( Ka BNNP Sulsel)

4. Brigjen Pol Drs Harianta , M.Si lahir di Klaten ,jabatan terakhir Pati Baintelkam Polri ( Anjak Utama Bidang Kamneg Baintelkam Polri)

BACA JUGA  Polri Berikan Sanksi Jika Jajaran Melakukan Pelanggaran Terkait Netralitas Pemilu 2024

5. Kombes Pol Endro Kiswanto, S.H lahir di Padang Panjang, 24 Oktober 1964 jabatan terakhir Pamen Lemdiklat Polri.

6. Kombes Pol Ahmad Tarmizi, SH lahir di Kota Bandar Lampung jabatan terakhir Pamen Bareskrim polri ( Tim Analis Bid Pdakt Pusiknas Bareskrim polri)

7. Kombes Pol Godhelp Cornelis Mansembra , SH lahir di Jayapura, jabatan terakhir Irwasda Polda Papua Barat

8. Kombes Pol Alex Fauzi Rasad , S.S.T.M.K., S.H lahir di Sukabumi, jabatan terakhir: Widyaiswara Muda Sespimmen Sespim Lemdiklat polri

9. Kombes Pol Drs Imam Prakoso, lahir di Denpasar jabatan terakhir Karolog Polda Aceh

10. Kombes Pol Daniel yudo Ruhoro, lahir di Banyuwangi, jabatan terakhir Kabid Yaninfokrim Pusiknas Bareskrim Polri

11. Kombes Pol Supeno, lahir di Jakarta, jabatan terakhir Dirpolairud Polda Sulsel

12. Kombes Pol Fatori, S.I.K lahir di Bengkulu, jabatan terakhir sebagai Analis Ulama TK II Roanalis Baintelkam Polri.

13. ⁠Kombes Pol I Made Wijana SH, lahir di Bali, jabatan terakhir Auditor Madya Kepolisian TK III Itwasda Polda Kalsel.