Riza Fahlevi Buka Orientasi Pramuka di SMAN 6 Palembang

Palembang | Tintamerah.co.id – Dinas Pendidikan (Disdik) provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) yang juga sekaligus Ketua Kwartil Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Sumsel H Riza Fahlevi membuka secara resmi kegiatan pembukaan orientasi Pramuka Sistem Blok bertempat di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 6 Palembang, Senin (10/1/2022).

Dikatakan Riza Fahlevi, dari Kepala Sekolah SMA N 6 Palembang, yang jelas ini sudah salah satu bukti sangat cerdas dari Kepala Sekolah SMA N 6 Palembang bersama teman-teman. Dimana hari ini saya diundang untuk membuka orientasi Kepramukaan Penegak.

“Jadi saya berikan apresiasi, karena over koneknivity peluang ini sangat-sangat brilian pihak SMA N 6 Palembang sudah mengawalinya, dan sebelumnya adalah SMA N 3 Palembang,” ujarnya.

Kemudian, karena kita ketahui bersama bahwa berdasarkan surat dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) Nomer 63 Tahun 2014 itu Wajib.

Ekstrakulikuler wajib inilah termasuk pembinaan karakter, apalagi poin demi poin pada dasar Dharma Pramuka itu sangat-sangat cukup baik dalam pembinaan karakter, dan semuanya sudah mencakup itu.

“Apalagi SMA N 6 Palembang selain akademiknya memang dipercaya oleh masyarakat,” ujarnya.

Dilanjutkannya, bahkan untuk Ilmu Pengetahuan dan Taqwa (IPTAQ) nya berbeda dengan sekolahan reguler lainnya, bahkan IPTAQnya bisa saya dikatakan tidak kalah bersaing dengan sekolahan bernuansa agama.

“Apalagi ditambah lagi dengan kegiatan seninya, ekstrakulikulernya saya lihat ada drumbandnya walaupun baru berusia 1 bulan, dan ada Pramukanya. Itulah salah satu bukti talenta yang sangat luar biasa, dan saya merasa bangga,” katanya.

Masih di lanjutkannya, Pramuka sendiri saya SMA N 6 Palembang ini yang saya katakan bahwa di SMA N 6 Palembang bisa saya berikan jargon talenta yang saya berikan dalam satu kata yakni “DAHSYAT”.

“Salah satu kalimat DAHSYAT itu pada huruf D adalah Disiplin, A adalah Agamaisnya, akhlak budi pekerti anaknya, setiap lewat mengucapkan salam. Nuansa diatas itu ada tulisan Indonesia dan Arabnya,” bebernya.

Masih disampaikannya, dimana untuk setiap pagi ada kultumnya. H adalah Habluminanas dan Habluminallah, S adalah Sinergitasnya, sains, dan setia, tanpa setia, adanya bahu membahu mulai dari ketua dan lainnya, maka tidak mungkin bisa menakhodai sekolahan ini.

“Selama ini SMA N 6 Palembang bisa dikatakan sudah baik, dimana dia seorang seniman, masuk juga seni, dan juga masuk nuansa Islamnya, gimana tidak tadi untuk drum bandnya pakai lagu-lagu Islam,” jelasnya.

Ditambahkannya, dengan adanya pramuka hari ini dibuka orientasi ke Pramukaan Penegak, perubahan dari Penggalang jadi Penegak.

“Harapan saya ditahun-tahun berikut nanti di tahun ajaran baru setelah masuk sekolah dengan adanya masa orientasi siswa (MOS) itu maka bisa dimasukkan orientasi ke Pramukaan, perubahan dari Penggalang menjadi ke Penegak,” tegasnya. (YL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.